Siapa yang Membutuhkan Motivasi?

Apakah motivasi itu? Motivasi digambarkan sebagai KEINGINAN untuk mencapai suatu tujuan melalui dimulainya atau diluncurkannya perilaku yang berorientasi pada tujuan. Motivasi dikatakan berkembang dua arah, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Secara intrinsik berarti motivasi berasal dari dalam diri sendiri, hal itu dikaitkan dengan hasil mereka dan faktor-faktor yang dapat mereka kendalikan. Sebaliknya, motivasi ekstrinsik berasal dari kekuatan luar yang terpisah dari individu. Contohnya bisa berupa uang, ancaman hukuman, tetapi dalam ranah kebugaran, ini paling sering dikaitkan dengan bagaimana seseorang percaya orang lain akan melihatnya.

Selain motivasi intrinsik dan ekstrinsik, individu juga merespon secara berbeda terhadap motivasi positif dan negatif. Individu yang termotivasi secara positif umumnya merespons karena mereka menerima kesenangan atau kepercayaan diri sebagai hasil dari tugas yang mereka ikuti. Misalnya, seseorang pergi ke gym 5 hari seminggu selama satu jam setiap hari sehingga dia dapat mencapai fisik ramping yang membuatnya lebih menarik bagi lawan jenis sehingga mereka dapat bertemu belahan jiwa mereka, menikah, memiliki anak-anak dan hidup bahagia selamanya. Sebaliknya, motivasi negatif adalah hasil dari mengambil tugas untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan. Misalnya, seseorang pergi ke gym 5 hari seminggu selama satu jam setiap hari sehingga dia dapat terhindar dari obesitas dan mengembangkan masalah kardiovaskular.

Namun sebelumnya, jika Anda mencari Motivator Indonesia yang merupakan Motivator Terbaik Indonesia, dia adalah Arvan Pradiansyah yang aktif sebagai pembicara seminar, training, workshop, ataupun family gathering perusahaan terutama sebagai Motivator Leadersip.

Pentingnya Motivasi

Jadi, mengapa motivasi itu penting? Sebagaimana bensin adalah bahan bakar untuk mobil yang memungkinkan mereka bergerak, motivasi yang baik adalah bahan bakar bagi manusia. Motivasi adalah bahan bakar yang mendorong kita untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan apa pun yang mungkin kita inginkan. Motivasi memungkinkan orang menjalani kehidupan yang memuaskan. Tanpa motivasi tidak akan ada yang bisa dilakukan. Motivasi dimulai dengan terlebih dahulu menetapkan tujuan untuk diri sendiri karena jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda tidak memiliki tujuan apa pun. Sebelum memulai program kebugaran, pelatih akan terus menekankan betapa pentingnya menetapkan tujuan, di mana Anda ingin berada di akhir program. Dengan melakukan ini, Anda dapat merancang program Anda dengan benar untuk memenuhi semua harapan Anda. Misalnya, jika orang A hanya mampu melakukan bench press seratus pound dan dia memulai program latihan beban tanpa menetapkan tujuan, dia belum tentu tahu apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dikerjakan. Di sisi lain, jika Anda memiliki individu serupa (orang B) yang mampu melakukan bench press seratus pound tetapi tidak seperti orang sebelumnya, ia menetapkan tujuan untuk dapat melakukan bench press seratus empat puluh pound dalam sebulan, kemungkinan besar bahwa Anda akan melihat kemajuan yang lebih besar dalam diri individu yang meluangkan waktu untuk membuat rencana. Dengan menetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah beban yang dia mampu untuk bench press menjadi seratus empat puluh dalam sebulan, individu ini tahu bahwa setiap minggu dia harus menambah berat badannya sebanyak sepuluh pon.

Penting untuk dicatat bahwa gol harus sangat spesifik seperti contoh di mana tujuan orang B adalah meningkatkan bench press-nya sebanyak empat puluh pound selama sebulan. Sebaiknya jangan menetapkan tujuan yang sangat besar dan keterlaluan seperti menjadi binaragawan nomor satu di dunia. Dengan membuat tujuan yang jauh lebih bisa dicapai seperti mendapatkan keanggotaan gym, Anda dapat menjaga motivasi tetap tinggi. Selain itu, dengan menetapkan tujuan kecil yang dapat dicapai, kemungkinan tidak berhasil berkurang. Kegagalan adalah penghalang terbesar dalam hal motivasi. Begitu seseorang mengalami kegagalan, maka mereka mulai melupakan tujuan dan alasan motivasi mereka secara keseluruhan.

Kebugaran & Motivasi

Dalam hal kebugaran, terkadang bagian tersulit bukanlah mengangkat seberat 30 pon itu. halter, atau melakukan 5 pull up terakhir tetapi sebenarnya itu hanya turun dari pelatih dan memulai. Tidak peduli siapa Anda, apakah Anda seorang individu yang memulai latihan kebugaran Anda untuk pertama kalinya atau seorang pelatih beban berpengalaman, kita semua membutuhkan semacam motivasi. Memahami bagaimana motivasi memengaruhi Anda dapat menentukan apakah Anda berhasil atau tidak dalam program kebugaran Anda, tetapi yang lebih penting KEHIDUPAN. Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa orang termotivasi secara intrinsik dan beberapa termotivasi secara ekstrinsik. Beberapa orang mungkin fokus pada kesuksesan masa lalu mereka jika mereka telah menyimpang dan telah menetapkan tujuan baru untuk tidak hanya merebut kembali kejayaan masa lalu mereka tetapi juga melampauinya. Kesamaan yang akan Anda lihat lebih sering saat ini adalah bahwa setelah beberapa tahun dikeluarkan dari militer, seorang tentara mungkin menjadi sangat tidak bugar dan hanya menjadi bayangan dari diri mereka sebelumnya. Karena mereka tidak lagi diminta untuk tetap bugar karena tugas aktif, mereka berhenti berolahraga. Individu seperti ini mungkin didorong oleh keinginan untuk dapat melakukan aktivitas yang sama seperti sebelumnya. Di sisi lain, Anda memiliki individu yang termotivasi oleh fakta bahwa mereka merasa akan tampil lebih menarik bagi lawan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *