Lowongan Kerja di Industri Kreatif

Jika Anda mencari pekerjaan penuh waktu di industri kreatif, terkadang sulit untuk menemukan peluang kerja yang baik. Banyak lowongan kerja yang muncul di bidang ini tidak diiklankan. Anda perlu mencoba berbagai strategi mencari pekerjaan untuk menemukan lowongan kerja.

Mengapa Pekerjaan Industri Kreatif Berbeda

Saat Anda mencari lowongan kerja di sebagian besar bidang biasanya prosesnya cukup mudah. Anda mencari pekerjaan melalui agen perekrutan, mengisi dan melamar formulir, menghadiri wawancara kerja dan menunggu untuk mendengar apakah Anda telah berhasil. Di industri kreatif indonesia terdapat pasar kerja yang tersembunyi, karena banyak lowongan kerja diisi melalui jejaring, kontak industri atau rujukan berbasis bisnis.

Menemukan Pekerjaan Industri Kreatif

LANGKAH 1 – Lakukan riset organisasi, perusahaan, dan agensi yang Anda minati. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mencari biro iklan, perusahaan desain web, agensi digital, dan outlet media online.

LANGKAH 2 – Menjadi sukarelawan dan ambil bagian dalam program dan inisiatif yang terkait dengan bidang tempat Anda ingin bekerja.

LANGKAH 3 – Panggilan dingin dan pasar langsung dengan mengirimkan resume dan contoh pekerjaan Anda ke bisnis tertentu yang menunjukkan bahwa mereka menerima lamaran dengan cara ini.

LANGKAH 4 – Jaringan untuk mengembangkan kontak. Pikirkan teman, keluarga, kolega, kelompok belajar, kelompok sukarelawan, dan kelompok politik – siapa saja yang mungkin dapat membantu pencarian Anda.

Ada beberapa cara agar Anda dapat menargetkan kelompok secara khusus untuk menemukan lowongan kerja di industri kreatif.

1. Direktori Bisnis, seperti halaman kuning dan database lain tempat bisnis beriklan.
2. Mesin Pencari menggunakan kata kunci yang disaring oleh lokasi geografis seperti ‘penulis konten web surrey’.
3. Pemerintah Lokal – otoritas lokal dan dewan wilayah dapat mengiklankan pekerjaan penuh waktu di bidang kreatif.
4. Grup Nirlaba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *